Sabtu, 30 Juni 2012

Menjadikan Foto seperti efek film




Setelah sekian lama tak memposting artikel terbaru, akhirnya dan finally Kolom Belajar Photoshop (KBP) bisa memposting tutorial photoshop terbaru Open-mouthed smile. Hampir vakum selama beberapa bulan, dikarenakan KBP lagi sibuk dengan tugas perkuliahan (maklum la, calon guru Embarrassed smile).
clip_image003Uuuhmm...uhm... kali ini KBP akan memposting tutorial cara menjadikan foto biasa seperti efek difilm-film. Dari pada kebanyakan bercoleteh langsung saja kita coba tutorial ini.......
eiiits... hampir saja kelupaan inilah salah satu hasilnya....


clip_image001
clip_image002
clip_image003
Step 1
buka aplikasi photoshop, lalu buka foto yang akan gunakan.
clip_image001
Step 2
klik image> adjustmen> Hue/Saturation (CTRL-U). Atur nilainya seperti contoh.
clip_image005
clip_image006
Step 3
Klik Image > Adjustments > Exposure, lalu atur nilai nya seperti contoh.
clip_image008
clip_image009
Step 4
Duplikat layer background (Ctrl+J), atau dengan mendrag layer background menuju Create A New Layer yang berada di bawah layer (lihat contoh).
clip_image011
clip_image013
Step 5
Pilih Filter> Blur> Lens Blur, ikuti contoh dibawah atau sesuaikan sendiri nilainya agar anda mendapatkan hasil yang sesuai pilihan.
clip_image015
clip_image016
Step 6
Klik Add Layer Mask, yang berada dibawah layer window. Lalu pilihlah Layer Mask Thumbail
clip_image018
Step 7
Pilih Brush Tool (B), lalu naikkan master diameternya menjadi 400px dan Hardness nya menjadi 0%. Lalu pilih yang mana akan menjadi titik fokus dari foto anda dan klik sekali Brush Tool di titik fokus.
clip_image020
clip_image022
clip_image023
Step 8
Saatnya bagian yang paling penting dari tutorial ini, yaitu menambahkan efek film difoto.
Buatlah layer baru dengan menekan tombol Create A New Layer.clip_image025
Step 9
Buat layer yang baru dibuat tadi menjadi warna hitam (untuk mereset warna menjadi default Foreground Hitam dan Background Putih dengan cara menekan tombol 'D' dikeyboard anda), lalu ganti warna Background menjadi hitam (tekan tombol 'X' di keyboard) dan tekan (Ctrl+Backspace).
Step 10 
Atur Opacity dari layer tersebut menjadi 70%.
clip_image026
Step 11
Gunakan Eraser Tool (tekan E di keyboard), dan atur Master Diameter nya menjadi 400px. Lalu hapuslah titik fokus foto anda.
clip_image028
clip_image029
Step 12
Flatten foto anda dengan mengklik Layer> Flatten Image, setelah itu pilih Filter> Noise> Add Noise. Isi nilainya seperti contoh dibawah ini.
clip_image031
clip_image032
taaaaadaaaaah.....
inilah hasilnya....
sudah mirip dengan kayak yang difilm-filmkan...??
Kalau anda merasa masih kurang puas, kali ini saya akan menambahkan sedikit efek lagi agar hasilnya bisa menjadi lebih baik.

Efek Cinemascope (tambahan)
Step 13
Tambahkan persegi panjang warna hitam diatas dan bawah foto.
Dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool (tekan M), lalu buat persegi panjang diatas foto (lihat hasil gambar dibawah), setelah terseleksi tekan Ctrl+Backspace dikeyboard (dengan catatan warna Background adalah warna hitam). Ulangi cara tersebut untuk bagian bawah foto.
clip_image002[1]

Anda juga bisa sedikit menambahkan efek warna pada foto anda agar hasilnya lebih catchy, dengan menggunakan Color Balance (Ctrl+B). Ubahlah nilai Cyan and Blue untuk Shadows, Midtones & Highlights sesuai selera dan pilihan anda sendiri. Then have fun with ur colour Be right back


clip_image003[1]
inilah hasil rekayasa saya, mana hasil rekayasa anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar